Ochamutz91's Blog











{Desember 15, 2009}   MENGAJARKAN KEJUJURAN KEPADA ANAK

Ketika anak berbohong untuk menutupi kebenaran, orangtua perlu lebih konsentrasi

Pada cara mengatasi situasi tersebut. Pendekatan ini memfasilitasi perkembangan moral pada anak dengan meningkatkan kejujuran sebagai pilihan nilai.

Banyak hal yang membuat anak berbohong, tergantung pada usia mereka. Anak usia muda tak bisa membedakan khayalan dan dunia nyata. Mereka sering dituntun imajinasi mereka untuk berdusta sebagai upaya untuk menguji batasan-batasan dan mendapatkan rasa aman di lingkungan mereka.

Anak yang lebih muda mengatakan sesuatu sebagai respons atas permintaan akan kebenaran, kemungkinan merupakan variasi dari persepsi mereka atas suatu situasi.

Beberapa TIPS mengajarkan kejujuran kepada anak :

  1. Anak usia muda perlu dibari panduan dan aturan tentang mengatakan kebenaran. Terima undangan mereka untuk masuk ke dalam dunia ajaib mereka dan uji kebenaran dengan mengajukan pertanyaan rhetorical.
  2. Dari pada konsentrasi untuk mendapatkan kebenaran pada segala sesuatu, konsentrasi pada masalahnya sendiri.
  3. konsentrasi pada saat anak mengatakan kebenaran, sekecil apapun kebenaran itu. Hargai kejujuran anak dan sadari betapa sulitnya bagi anak untuk mengatakan kebenaran ketika tahu, dia akan bermasalah jika mengatakan melakukan sesuatu yang tidak boleh dilakukan.
  4. Jika menyangkut masalah besar, yang kemungkinan menyakiti orang lain secara moral, fisik, atau emosional jika kebenaran tidak diungkapkan, katakana kepada anak, bahwa mengatakan yang sebenarnya bisa membuat anak bebas dari hukuman oarangtua. Orangtua mungkin masih harus bekerja bersama untuk menemukan solusi atas masalah ini dan konsekuensi alamiah yang bisa terjadi akibat sifat dari situasi ini, tapi jangan memberikan hukuman ekstra.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: