Ochamutz91's Blog











{Mei 12, 2010}   Keunikan Autisme

Tiap individu (anak maupun dewasa) yang terkena autism adalah individu dengan keunikan pribadi serta kombinasi perilaku yang membuat mereka berbeda dengan individu normal. Beberapa anak mungkin hanya menunjukkan gejala ringan dalam keterlambatan berbahasa tetapi lebih mempunyai problem dalam ber-sosialisasi atau berteman. Anak ini menjadi sulit untuk memulai atau meneruskan pembicaraan. Baginya berkomunikasi adalah berbicara satu arah dan hanya membicarakan mengenai hal-hal monoton yang sangat dia sukai tanpa memperdulikan apakah lawan bicaranya menyukainya atau tidak.

Tiap penyandang autism sangat berbeda dalam mengolah dan memberikan respon pada informasi yang ia dapat sehingga materi untuk terapi dan proses belajar mengajar haruslah dibuat secara khusus dengan mengacu pada kelebihan dan kekurangan masing-masing anak. Kemampuan anak autism dapat berubah ubah dari hari kehari dikarenakan sulitnya berkonsentrasi atau mengolah informasi dan timbulnya rasa takut. Pada hari pertama anak dapat terlihat baik dalam mempelajari sesuatu tetapi pada hari berikutnya mendapat kesulitan belajar. Perubahan yang terjadi disekitarnya serta rasa takutnya dapat langsung mempengaruhi kegiatan belajarnya.

Anak autisme dapat mempunyai kemampuan ingatan dan bicara secara normal ataupun berada diatas normal tetapi sangat sulit untuk berpartisipasi dan berteman dengan rekan sebayanya. Penderita autisme yang agak parah dihimbau agar mendapat bantuan intensif untuk dapat mempelajari kemampuan dasar dalam menjalani kegiatan sehari harinya.

Penyandang autisme (anak dan dewasa) dapat pula terlihat menarik, dapat menatap mata lawan bicara, tersenyum, tertawa ataupun menunjukkan perasaan emosinya dalam tahapan tahapan tertentu. Seperti anak normal lainnya mereka dapat menanggapi keadaan sekelilingnya secara positif ataupun negatif. Autisme dapat mempengaruhi cara mereka menanggapi keadaan dan dapat membuat mereka sulit untuk mengontrol reaksi badan dan pikiran mereka. Kadangkala kelainan dalam kemampuan melihat, motorik dan pengolahan informasi membuat mereka sulit menatap mata lawan bicaranya. Beberapa penyandang autisme lebih suka menggunakan penglihatan sampingnya daripada menatap langsung lawan bicaranya. Kadangkala sentuhan atau kedekatan badan orang sekitarnya menjadi sangat menyakitkan sehingga membuat mereka menjauhi bahkan terhadap anggota keluarga sekalipun. Rasa cemas, takut dan bingung dapat menjadikan mereka terlihat seperti kehilangan akal sehat dalam menghadapi kegiatan sehari hari.

Dengan terapi yang benar dan efektif, beberapa kelainan yang disebabkan oleh autisme dapat berubah ataupun sembuh dalam jangka waktu tertentu. Kesulitan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi akan menetap seumur hidup. Kelainan di bidang lainnya dapat berkurang atau berubah sejalan dengan bertambahnya usia dan pendidikan. Mereka dapat mulai menggunakan kemampuannya dalam keadaan normal dan berpartisipasi dalam aktifitas dan hobi yang lebih luas. Banyak penyandang autisme dapat menikmati kehidupan mereka dan memberikan kontribusi yang berarti kepada masyarakat luas. Banyak penyandang autisme berhasil dalam mempelajari dan merubah kelainan yang mereka miliki.

Sebagai contoh yang terjadi di Amerika Serikat, melalui dukungan pemerintah, program pendidikan dan terapi terhadap penyandang autisme dikembangkan melalui jaringan network secara luas (chapter) diseluruh Amerika dengan dukungan profesional, dokter ahli dan sukarelawan. Walaupun tidak ada orang yang dapat meramalkan masa depan mereka, terbukti melalui program tersebut, beberapa penyandang autisme dewasa dapat berkerja mandiri didalam masyarakat seperti mengemudi mobil, mendapatkan gelar sarjana ataupun menikah. Beberapa diantaranya dapat pula menjadi mandiri didalam masyarakat dan hanya memerlukan sedikit bantuan ketika menghadapi tekanan hidup sedangkan yang lainnya sangat bergantung kepada bantuan anggota keluarga dan dokter ahli. Penderita autisme di Amerika aktif membantu sesamanya dalam membuat buku, memberikan ceramah dan muncul secara khusus di televisi membahas keberadaan mereka apa adanya.
Orangtua penyandang autisme dapat menjadi sangat stress dikarenakan perilaku anak mereka dan usaha mereka dalam mencari bantuan penyembuhan, kesulitan finansial dan kurangnya informasi dan kesadaran mengenai adanya autisme menyebabkan terkucilnya para penyandang autisme sehingga dapat membuat hidup mereka menjadi menderita. Banyak orangtua yang kurang menyadari bahwa anak mereka penyandang autisme sehingga mencari alternatif pengobatan sendiri tanpa berkonsultasi dengan dokter yang benar benar ahli menangani autisme. Beberapa diantaranya membawa anak mereka ke paranormal untuk mencek apakah anak mereka terkena roh jahat.
http://puterakembara.org/archives8/00000002.shtml



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: