Ochamutz91's Blog











{Mei 29, 2010}   Retardasi Mental

Keterbelakangan Mental (Retardasi MentalRM) adalah suatu keadaan yang ditandai dengan fungsi kecerdasan umum yang berada dibawah rata-rata disertai dengan berkurangnya kemampuan untuk menyesuaikan diri (berpelilaku adaptif), yang mulai timbul sebelum usia 18 tahun.
Orang-orang yang secara mental mengalami keterbelakangan, memiliki perkembangan kecerdasan (intelektual) yang lebih rendah dan mengalami kesulitan dalam proses belajar serta adaptasi sosial.
3% dari jumlah penduduk mengalami keterbelakangan mental.

PENYEBAB
Tingkat kecerdasan ditentukan oleh faktor keturunan dan lingkungan.
Pada sebagian besar kasus RM, penyebabnya tidak diketahui; hanya 25% kasus yang memiliki penyebab yang spesifik.
Secara kasar, penyebab RM dibagi menjadi beberapa kelompok:

1. Trauma (sebelum dan sesudah lahir)
– Perdarahan intrakranial sebelum atau sesudah lahir
– Cedera hipoksia (kekurangan oksigen), sebelum, selama atau sesudah lahir
– Cedera kepala yang berat

2. Infeksi (bawaan dan sesudah lahir)
– Rubella kongenitalis
– Meningitis
– Infeksi sitomegalovirus bawaan
– Ensefalitis
– Toksoplasmosis kongenitalis
– Listeriosis
– Infeksi HIV

3. Kelainan kromosom
– Kesalahan pada jumlah kromosom (Sindroma Down)
– Defek pada kromosom (sindroma X yang rapuhsindroma Angelmansindroma Prader-Willi)
– Translokasi kromosom dan sindroma cri du chat

4. Kelainan genetik dan kelainan metabolik yang diturunkan
– Galaktosemia
– Penyakit Tay-Sachs
– Fenilketonuria
– Sindroma Hunter
– Sindroma Hurler
– Sindroma Sanfilippo
– Leukodistrofi metakromatik
– Adrenoleukodistrofi
– Sindroma Lesch-Nyhan
– Sindroma Rett
– Sklerosis tuberosa

5. Metabolik
– Sindroma Reye
– Dehidrasi hipernatremik
– Hipotiroid kongenital
– Hipoglikemia (diabetes melitus yang tidak terkontrol dengan baik)

6. Keracunan
– Pemakaian alkohol, kokain, amfetamin dan obat lainnya pada ibu hamil
– Keracunan metilmerkuri
– Keracunan timah hitam

7. Gizi
– Kwashiorkor
– Marasmus
– Malnutrisi

8. Lingkungan
– Kemiskinan
– Status ekonomi rendah
– Sindroma deprivasi.

GEJALA
Tingkatan Retardasi Mental

Tingkat Kisaran IQ Kemampuan Usia Prasekolah
(sejak lahir-5 tahun)
Kemampuan Usia Sekolah
(6-20 tahun)
Kemampuan Masa Dewasa
(21 tahun keatas)
Ringan 52-68 -Bisa membangun kemampuan sosial & komunikasi

-Koordinasi otot sedikit terganggu

-Seringkali tidak terdiagnosis

-Bisa mempelajari pelajaran kelas 6 pada akhir usia belasan tahun

-Bisa dibimbing ke arah pergaulan sosial

-Bisa dididik

Biasanya bisa mencapai kemampuan kerja & bersosialisasi yg cukup, tetapi ketika mengalami stres sosial ataupun ekonomi, memerlukan bantuan
Moderat 36-51 -Bisa berbicara & belajar berkomunikasi

-Kesadaran sosial kurang

-Koordinasi otot cukup

-Bisa mempelajari beberapa kemampuan sosial & pekerjaan

-Bisa belajar bepergian sendiri di tempat-tempat yg dikenalnya dengan baik

-Bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dengan melakukan pekerjaan yg tidak terlatih atau semi terlatih dibawah pengawasan

-Memerlukan pengawasan & bimbingan ketika mengalami stres sosial maupun ekonomi yg ringan

Berat 20-35 -Bisa mengucapkan beberapa kata

-Mampu mempelajari kemampuan untuk menolong diri sendiri

-Tidak memiliki kemampuan ekspresif atau hanya sedikit

-Koordinasi otot jelek

-Bisa berbicara atau belajar berkomunikasi

-Bisa mempelajari kebiasaan hidup sehat yg sederhana

-Bisa memelihara diri sendiri dibawah pengawasan

-Dapat melakukan beberapa kemampuan perlindungan diri dalam lingkungan yg terkendali

Sangat berat 19 atau kurang -Sangat terbelakang

-Koordinasi ototnya sedikit sekali

-Mungkin memerlukan perawatan khusus

-Memiliki beberapa koordinasi otot

-Kemungkinan tidak dapat berjalan atau berbicara

-Memiliki beberapa koordinasi otot & berbicara

-Bisa merawat diri tetapi sangat terbatas

-Memerlukan perawatan khusus

Anak dengan MR ringan (IQ 52-68) bisa mencapai kemampuan membaca sampai kelas 4-6. Meskipun memiliki kesulitan membaca, tetapi mereka dapat mempelajari kemampuan pendidikan dasar yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Mereka memerlukan pengawasan dan bimbingan serta pendidikan dan pelatihan khusus.
Biasanya tidak ditemukan kelainan fisik, tetapi mereka bisa menderita epilepsi.
Mereka seringkali tidak dewasa dan kapasitas perkembangan interaksi sosialnya kurang.
Mereka mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru dan mungkin memiliki penilaian yang buruk.
Mereka jarang melakukan penyerangan yang serius, tetapi bisa melakukan kejahatan impulsif.
Anak-anak dengan RM moderat (IQ 36-51) jelas mengalami kelambatan dalam belajar berbicara dan keterlambatan dalam mencapai tingkat perkembangan lainnya (misalnya duduk dan berbicara). Dengan latihan dan dukungan dari lingkungannya, mereka dapat hidup dengan tingkat kemandirian tertentu.
Anak-anak dengan RM berat (IQ 20-35) dapat dilatih meskipun agak lebih susah dibandingkan dengan RM moderat.
Anak-anak dengan RM sangat berat (IQ 19 atau kurang) biasanya tidak dapat belajar berjalan, berbicara atau memahami.
Angka harapan hidup untuk anak-anak dengan RM mungkin lebih pendek, tergantung kepada penyebab dan beratnya RM. Biasanya, semakin berat RMnya maka semakin kecil angka harapan hidupnya.

DIAGNOSA
Seorang anak RM menunjukkan perkembangan yang secara signifikan lebih lambat dibandingkan dengan anak lain yang sebaya.
Tingkat kecerdasan yang berada dibawah rata-rata bisa dikenali dan diukur melalui tes kecerdasan standar (tes IQ), yang menunjukkan hasil kurang dari 2 SD (standar deviasi) dibawah rata-rata (biasanya dengan angka kurang dari 70, dari rata-rata 100).

PENGOBATAN
Tujuan pengobatan yang utama adalah mengembangkan potensi anak semaksimal mungkin.
Sedini mungkin diberikan pendidikan dan terapi khusus, yang meliputi pendidikan dan pelatihan kemampuan sosial untuk membantu anak berfungsi senormal mungkin.
Pendekatan perilaku sangat penting dalam memahami dan bekerja sama dengan anak RM.

http://www.childcare-center.com/masalah/retardasi-mental.html



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: